KudusPendidikan

Hadiri Upacara Pembukaan Kursus Mahir Pramuka, Ketua Kwarcab Kudus: Jadilah Peserta yang Aktif

Share

KUDUS, dupanews– Ketua Kwarcab Kudus, Mawar Anggraeni, menghadiri upacara pembukaan Kursus Mahir Pembina Pramuka tingkat dasar untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muria Kudus (UMK). Acara ini digelar di Auditorium UMK Kudus dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam bidang kepramukaan. Kamis (20/7).

Upacara pembukaan tersebut turut dihadiri oleh Rektor UMK selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus), Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kwarcab Kudus beserta tim pelatih, serta Ketua Program Studi PGSD. Tercatat sebanyak 340 peserta Kursus Mahir Pembina Pramuka (KMD) mengikuti acara tersebut, yang mayoritas berasal dari mahasiswa FKIP PGSD UMK.

Dalam sambutannya, Siti Masfuah selaku Kaprodi PGSD, menekankan pentingnya sikap peduli terhadap lingkungan dan sekitar dalam menjalankan kegiatan kepramukaan. Hal ini sejalan dengan prinsip kepramukaan yang selalu mengedepankan kecintaan dan kepedulian terhadap alam dan masyarakat.

baca juga : Kudus Jadi Incaran Investor, Bupati Hartopo Harap Geliat Ekonomi Terus Tumbuh

“Sikap peduli terhadap lingkungan dan sekitar merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan kegiatan kepramukaan. Prinsip kepramukaan selalu mengedepankan kecintaan dan kepedulian terhadap alam serta masyarakat, dan hal ini harus menjadi fokus utama dalam perjalanan kita sebagai anggota pramuka.”

Ketua Kwarcab Kudus, Mawar Anggraeni, berharap agar seluruh peserta KMD dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Beliau berpesan kepada para peserta untuk aktif mengikuti seluruh materi dan keterampilan yang diberikan oleh para kakak pembina. Hal ini akan menjadi modal penting dalam membentuk karakter mereka sebagai pembina pramuka yang berkompeten dan berdedikasi.

“Jadilah peserta yang aktif dalam mengikuti seluruh materi dan keterampilan yang diberikan oleh para kakak pembina. Kesungguhan ini akan menjadi modal penting dalam membentuk karakter Anda sebagai pembina pramuka yang berkompeten dan berdedikasi.” 

Mawar Anggraeni juga memberikan pesan kepada tim pelatih untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan penuh dedikasi kepada para peserta KMD. Dengan pengajaran yang baik, peserta diharapkan nantinya mampu menjadi pembina pramuka yang handal dan profesional, serta mampu memberikan kontribusi positif bagi gerakan kepramukaan di lingkungan masing-masing.

“Tim pelatih diharapkan dapat berbagi ilmu dan pengalaman dengan penuh dedikasi kepada para peserta KMD. Melalui pengajaran yang baik, kami berharap peserta dapat menjadi pembina pramuka yang handal dan profesional, serta mampu memberikan kontribusi positif bagi gerakan kepramukaan di lingkungan masing-masing.”

Kursus Mahir Pembina Pramuka tingkat dasar ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih mendalam tentang prinsip-prinsip dasar kepramukaan, sehingga para peserta dapat menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button