KudusSosial

Bina UP2K-PKK, Mawar Hartopo Pacu Peningkatan Kualitas dan Kapasitas

Share

KUDUS, dupanews.id – TP PKK Kabupaten Kudus menggelar pembinaan produk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK dalam meningkatkan kapasitas anggota. Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo, didampingi Ketua Bidang II, Endhah Samani, hadir membuka kegiatan yang diikuti 36 peserta di Ruang Pertemuan Lantai 4 Gedung Setda, Selasa (19/7).

Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga PKK merupakan segala kegiatan ekonomi yang diusahakan oleh keluarga, baik secara perorangan maupun kelompok. Maka sebab itu melalui program UP2K, diharapkan anggota PKK dapat memberdayakan diri dalam upaya meningkatkan pendapatan keluarga. 

“”UP2K lingkupnya luas tidak hanya di PKK, dimana melibatkan aktivitas bisnis dalam produksi, penjualan, dan promosi. Peran kita turut mendorong kapasitas dan kualitas produk yang dihasilkan UP2K,” ujar Mawar Hartopo dalam sambutannya.

Mawar Hartopo juga mengingatkan terkait ketertiban administrasi UP2K-PKK. Dengan administrasi yang baik, maka akan mempermudah persiapan menghadapi lomba-lomba yang terkadang membutuhkan waktu singkat.

“Semua administrasi agar selalu diperhatikan dan dikerjakan agar kita bisa tertib administrasi dan mudah dalam melaksanakan pengembangan lainnya maupun sebagai syarat mengikuti lomba,” pesannya.

Tak lupa, dirinya mengapresiasi bidang II dalam pelaksanaan kegiatan ini. Pasalnya, UP2K adalah ikon Pokja II yang masuk dalam 10 Program Pokok PKK, yaitu Pengembangan Kehidupan Berkoperasi. Mawar Hartopo berpesan, agar ilmu yang disampaikan narasumber dapat ditularkan ke kader-kader PKK.

“Saya harap, pebinaan UP2K ini dapat diikuti dengan sebaik-baiknya, bukan hanya sekedar ikut serta, namun dengan tekad yang kuat dan serius untuk menambah kapasitas diri serta peningkatan kualitas produk,” pesannya.

Sebagai penyelenggara, Ketua Bidang II Endhah Samani, melaporkan bahwa kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan PKK Kecamatan, kelurahan/desa. Setelah mengikuti pembinaan tersebut, peserta diharapkan mampu membuat proposal bisnis plan sekaligus persiapan menghadapi lomba UP2K Provinsi Jateng. Materi diisi oleh Direktur Pusat Belanja Sunnah Group Kudus, Ferdiansyah, sebagai narasumber.

“Peserta 36 orang dari 9 kecamatan yang masing-masing diwakili empat orang. 1 ketua pokja II, 1 ketua TP PKK Desa/Kelurahan, dan masing-masing satu poklak (Kelompok Pelaksana), poksus (Kelompok Khusus),” jelasnya.(*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button