KudusReligi

Belum Terlacak di Mana Rumah Sunan Kudus Berada

Share

Kudus, Dupanews.idMenjelang hari ulang tahun  Kota/Kabupaten Kudus ke 472, tidak/belum diketahui secara pasti di mana  rumah Sunan Kudus berada. Dan juga belum menggelitik ilmuwan, sejarawan hingga khususnya Tim Ahli Cagar Budaya untuk melacaknya.

Namun menurut sejarawan Sancaka Dwi Supani yang dihubungi  Dupanews.id, Kamis (16/9/2021),  rumah Sunan Kudus di Langgar Dalem”. Kalau menurut cerita lama dan berdasarkan inskripsi masjid Langgar Dalem  Sunan Kudus. Tri Sula pinelud naga”  Tahun tahun tersebut 1458 Masehi. Sunan Kudus bertempat tinggal dilanggar Dalem” ujarnya.

Dia menambahkan  : langgar artinya surau, dalem artinya rumah jadi surau untuk rumah tinggal. Di sebelah langgardalem  terdapat sumur tua, namanya sumur puter . “Konon cerita trah turunnyaSunan Kudus Mbah Kyai Rozad (alm) adalah tempat mandi dan bersuci Sunan Kudus”. Ujarnya.

 Masjid Langgar Dalem  itu berukuran panjang 32,50 meter, lebar 24,70 meter, tinggi 9 meter dengan lahan seluas 825 meter persegi yang terletak di Desa Langgar Dalem Kecamatan Kota Kudus. Hanya beberapa puluh meter timur komplek Masji Menara Makam Sunan Kudus. Melalui gang gang sempit yang hanya bisa dilewati pejalan kaki dan atau naik motor

Menurut buku Inventarisasi Benda Cagar Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kudus 2007 ( dengan catatan pendataan per Desember 2005). Langgar Dalem dari kata langgar yang artinya mushola dan dalem artinya rumah kediaman( tempat tinggal). Secara keseluruhan diartikan sebagai musholanya Sunan Kudus.

Baca Juga : Taktik Sunan Kudus Merangkul, Hindu dan Budha

Dalam buku ini disebutkan,  bangunan yang  berdinding tembok dan berkerangka kayu jati ini  dibangun pada tahun 1458 Masehi atau 863 Hijriah, yang ditandai dengan sengkala memet  Trisula Pinulet Naga . Dengan status kepemilikan pemerintah ,  dikelola  sebuah yayasan dan telah ditetapkan sebagai cagar budaya.

Sedang menurut Dosen Filsafat dan Budaya IAIN Kudus Nur Said  : trisula pinulet naga itu tahun1480 Masehi, atau tahun hijriyah 885 ( detik.com 11 Agustus 2020).

Ditambahkannya : dari beberapa literasi bahwa Masjid Langgar Dalem merupakan masjid tertua di Kabupaten Kudus. Dahulu digunakan sebagai pengembangan budaya  Sunan Kudus..Juga sebagai tempat untuk menimba ilmu Islam. Bukan sekadar melaksanakan salat.

Selain itu  di setiap Langgar pasti ada santri dan kiai. Kalau mushola belum mesti ada kiainya “Kalau dari beberapa literatur dan beberapa cerita lisan utama penjelasan guru saya konon masjid itu memang lebih awal ketimbang di Menara Kudus, istilahnya masih jawa Langgar Dalem,” katanya. Meski belum diketahui tentang rumah Sunan Kudus, namun makam Sunan Kudus yang berada di dalam komplek Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus justru sampai sekarang nyaris sepanjang 24 jam dikunjungi peziarah dari berbagai kabupaten/kota di Jawa,(Sup)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button